Mendukung Kesehatan Anak dengan pola asuh grow happy adalah kunci anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal



Dalam rangka mendukung tumbuh kembang optimal anak Indonesia, Nestlé Lactogrow menggelar workshop Grow Happy Parenting: "Happy from the Inside Out" di The goods Diner Surabaya, Rabu (18/9).

Brand Executive Nestlé Lactogrow Pramudita Sarastri mengatakan tema tersebut dipilih karena pihaknya percaya agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak. Ada tiga aspek penting menurut kak Dita sapaan akrabnya untuk anak bisa tumbuh menjadi Grow happy yaitu satu keterlibatan orang tua dalam mengasuh anak dengan kasih sayang , yang kedua stimulasi otak anak sesuai dengan tumbuh kembangnya dan yang ketiga adalah nutrisi yang baik dan cukup.
"Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, salah satu langkah yang dapat dilakukan adaIah dengan memastikan pencernaannya dalam kondisi sehat," ujarnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Anak Ariani Dewi Widodo menjelaskan bahwa kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.
Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik,"jelasnya. Pada usus anak lapisan yang melindunginya masih sangat tipis atau yang disebut lapisan mukosa,masih Imatur. Jadi strukturnya sangat berbeda dengan usus pada orang dewasa. Sehingga anak rentan terhadap infeksi.Sehingga memberikan nutrisi yang baik adalah bertujuan supaya makanan terserap sempurna.
Tak hanya memastikan asupan nutrisi, dia melanjutkan, orang tua juga harus memperhatikan kematangan emosi anak.
Di sisi lain, Psikolog Elizabeth Santosa mengungkapkan kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur.
"Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi, dan lebih bahagia. Orang tua juga sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak, misalnya berolahraga bersama, karena membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik,"tuturnya. [dit]

Komentar

Postingan Populer