Bersama PAXEL, Antarkan Kebaikan Untuk Semua


Apa sih yang diharapkan para pedagang online di era digital seperti ini? Tentu saja kemudahan dan percepatan dalam meningkatkan service kepada customernya. Semakin cepat barang paketan datang tentu saja customer akan semakin puas dan senang. 

Tetapi pada kenyataannya Perusahaan logistik di Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diperbaiki. Salah satunya adalah masalah pengiriman barang yang tidak tercover dengan cepat karena berbagai kendala. Misalnya karena tidak adanya pihak ketiga yang menerima ketika barang sampai ditempat tujuan. Sehingga waktu terima paket akan menjadi lebih lama lagi.  Hal inilah yang menimbulkan munculnya ide untuk berbagi solusi dan inovasi dari Paxel sebagai perusahaan logistik berbasis aplikasi.


PAXEL adalah startup logistik yang mengusung layanan same day delivery dengan ongkos kirim flat. Bahkan khusus bulan ini ada diskon pengiriman dari Surabaya Jakarta hanya 35 ribu. Saat ini Paxel sudah mengakomodasi area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Surabaya dan Denpasar. Untuk daerah yang belum tercover mohon bersabar karena PAXEL sedang progres mengembangkan layanannya. Pemesanan layanan PAXEL  cukup menggunakan aplikasi, maksimal dalam 8 jam barang akan sampai ke tempat tujuan. Wah mantap banget kan?! 

Caranya gampang banget lo! Kamu tinggal download aplikasi PAXEL di sini ya http://bit.ly/paxel-share

Otomatis saldo kamu akan bertambah sebesar 100 ribu rupiah.  PAXEL berpedoman pada tujuan awal sebagai  perusahaan logistik yang tidak melulu tentang bisnis  tetapi  tetap ada sisi kemanusiaannya. Sesuai dengan tag line PAXEL yaitu  mengantarkan kebaikan kepada siapa saja yang mau memulai usahanya.


Pada hari Kamis tanggal 14 Februari 2019 lalu saya berkesempatan mengikuti Gathering Media PAXEL Open Surabaya. Bertempat di koridor Coworking Place yang  terletak di jalan Pacar No. 2 Surabaya. Acara tersebut dihadiri oleh bapak H. Djauhari sebagai Executive Advisor PAXEL Indonesia dan bapak   Bryant Christanto sebagai CEO sekaligus pendiri PAXEL Indonesia. Kehadiran PAXEL di  Surabaya tentu saja sudah lama diharapkan oleh para enterpreneur online. Bagaimana tidak, kita diberi kemudahan dalam mengirim barang. Tinggal duduk manis saja dirumah, paketan akan diambil oleh para Happiness Hero dari PAXEL. Dengan waktu pengiriman yang sangat fleksibel sesuai dengan keinginan kita.

Dalam acara gathering kemarin, saya mencoba menggunakan layanan aplikasinya. Dengan tampilan yang sederhana, aplikasi PAXEL mudah dioperasikan oleh siapa saja meskipun yang gaptek sekalipun. Konsumen dapat mengecek secara real time posisi paket setelah diterima tangan mitra kurir sampai diterima penerima paket. Juga dapat mengatur jam pemesanan secara fleksibel, bahkan sampai lima hari ke depan, atau reschedule ulang. Ada fitur screenshot untuk setiap order yang bisa dibagikan ke penerima paket. Setiap pengiriman akan terlindungi dengan jaminan asuransi sampai dengan 10 juta rupiah. Mudah banget bukan?


Saya mulai order pukul 17.16 WIB. Dari lokasi acara gathering berlangsung yaitu di jalan Pacar No. 2 Surabaya ke alamat rumah saya yaitu di jalan Kalisari Utara XII No.55 Surabaya. Kemudian status pengiriman terbaca waiting courier to pickup your shipment. Artinya masih dalam masa tunggu dimana kurir akan mengambil paketan.



Selanjutnya status pengiriman menjadi estimasi kedatangan paket yaitu sekitar 8 sampai 10 jam.


Keesokan harinya sekitar pukul 11.34 saya mendapat konfirmasi lewat telpon dari kurir PAXEL yang menyatakan bahwa  paket akan sampai dalam 2 jam lagi. Setelah saya tunggu ternyata tidak sampai 2 jam , paket sudah ada ditangan. Senang dan puas rasanya. 



"Kedepannya PAXEL akan menjadi bagian dari hidup masyarakat, bahwa logistik itu seharusnya tidak mahal.PAXEL juga peduli dengan unsur sosial. Jadi dari 20 pengiriman, paxel akan jamin 1 anak penderita kanker. Ini bukan bagian dari charity atau CSR, namun bagian dari fokus  membangun PAXEL,” begitu terang Head of Marketing PAXEL Alexander Zulkarnain kepada DailySocial yang kemarin juga ikut hadir di Surabaya.



Konsep yang ditawarkan oleh  PAXEL adalah memiliki 4 jenis model bisnis: 
- Door to door
- Door to locker
- Locker to home
- Locker to locker

Sementara ini yang baru tersedia adalah door to door. Jadi pemesanan baru bisa dilakukan lewat aplikasi, konsumen harus mengisi sejumlah data, seperti alamat tujuan, isi barang, nama penerima, dan sebagainya.

Dengan konsep seperti ini, mitra dedicated atau happiness Hero jadi kekuatan yang diunggulkan PAXEL karena mereka adalah orang-orang yang fasih dengan kondisi di lingkungan tersebut sehingga durasi pengiriman akan jauh lebih cepat. Jadi first mile dan last mile bukan dilakukan oleh orang yang sama, di satu sisi ini akan menjamin barang jadi lebih cepat sampai. Sebab orang yang sudah tahu dengan kondisi lapangan di suatu daerah akan paham di mana saja jalan pintasnya. Misalnya di suatu apartemen, last mile disini bisa office boy, security atau customer servis yang akan menyerahkan paket tersebut ke si penerima. 

Untuk model bisnis yang memanfaatkan loker, sementara ini masih dalam tahap pengembangan dan sebatas untuk internal perusahaan. Loker PAXEL membawa pendekatan berbeda untuk tahap awalnya. Perusahaan akan bermitra dengan manajamen apartemen dan perkantoran sebagai pengelola loker. Mereka bisa mengecek secara langsung mana loker yang kosong atau tidak untuk menyimpan paket. Daripada harus tercecer, lebih baik disimpan rapi.Diluar negeri sistem locker seperti ini sudah ada sejak selain barang cepat sampai juga sangat efisien waktu.

Untuk saat ini saya yakin belum ada startup logistik yang mempunyai sistem someday servis seperti PAXEL. Semoga kedepannya akan lebih baik lagi, akan lebih banyak area yang tercover terutama di Surabaya dan sekitarnya. 


Kalau butuh informasi yang lebih lengkap lagi, klik ini ya http://paxel.co/

Komentar

  1. Program CSR Paxel mulia sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul , PAXEL tidak melulu tentang bisnis tetapi juga kemanusiaan.

      Hapus
  2. Enak banget pakai paxel ya mbak

    barang dijemput ga ribet packing, semua terpantau di aplikasi, idola baru dunia ekspedisi nih

    BalasHapus
  3. Yes banget , waktu pengiriman juga sangat fleksibel sesuai dengan yang kita inginkan.

    BalasHapus
  4. Saya sudah coba Paxel juga. Dan keren banvet Happiness Heronya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat kooperatif dan profesional ya mbak Indah .

      Hapus
  5. Yang keren sistem smart locker-nya ya Mbak. Jarang nih ada ekspedisi yang punya sistem begini, apalagi sehari sampai, murah pula. Moga segera masuk Lamongan biar bisnis kopiku bisa ikut melesat lewat Paxel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aamiin yra sukses terus mas. Untuk sistem locker memang harus sedikit bersabar . Masih dalam proses pengembangan.

      Hapus
  6. Aku berharap bs menjangkau semua daerah yah mbak, agar memudahkan para bisnisman hehhe

    BalasHapus
  7. pake paxel bener2 gak ribet yaaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer