Tantangan kolektor CD dan kaset pita dalam berburu koleksinya di era digital



Hei anda yang lahir di tahun 70an, seperti saya :) Saat ini sudah pasti mengalami masa transisi dari era 90an ke generasi millenial. Hiburan dimasa itu  selain radio tentu saja tape recorder  yang sangat akrab di telinga kita. 

Ayah saya yang seorang tentara mempunyai grup keroncong sendiri dan ibu saya sebagai  penyanyinya. Jadi beliau berdua mempunyai puluhan koleksi kaset  lagu lagu keroncong dan lagu lagu perjuangan. Hampir tiap hari telinga saya dimanjakan dengan suara emas Waljinah dengan Walangkekeknya , Hetty Koes Endang , Mus mulyadi , Koes plus, Brury Marantika dan beberapa nama yang sebetulnya tidak banyak , cukup diluar kepala untuk menghafalnya karena penyanyi di masa itu tidak banyak  seperti sekarang. Untuk album koleksi bapak dan ibu sekarang ini sebagian sudah rusak atau hilang. Dan pada saat itu  , tidak terpikir bahwa nanti ada masanya barang ini akan jadi barang antik yang bernilai jual tinggi.


Tahun 80 an ketika saya masih duduk di bangku  SMP beberapa koleksi penyanyi keren waktu itu pasti saya punya. Yang artis dalam negeri  ada penyanyi Ismi Azis, Andre Hehanusa, Ita Purnamasari,Yana Yulio, Atik CB, Vina Panduwinata, Nicky Astria, Anie Carera, Tri Utami, Ikang Fauzi, dan Tito Sumarsono yang album mereka tidak pernah terlewat koleksinya. Untuk penyanyi dari luar negri  saya mempunyai koleksi dari  New Kids On the Block,  Madonna, Michel Jackson, MLTR dan masih banyak lagi terutama grup rock dari Eropa yang di era thn 80 - 90 sedang naik daun seperti Alphaville, Gun Roses, Europe, Scorpions, White Lion dan masih banyak lagi.

Tapi beberapa koleksi saya itu sudah hilang, ada yang  dipinjam teman tidak kembali ada juga yang terselip entah kemana pada waktu saya pindahan rumah. Kalau saya mulai kangen mendengarkan lagu favorit, tinggal searching di akun Youtube. Akan muncul lagu-lagu kesukaan kita dari tahun ke tahun. Begitulah kemudahan yang kita terima dari perkembangan dunia digital yang semakin pesat.

Tetapi dengan berjalannya waktu perkembangan dunia digital  ternyata sangat pesat. Salah satu yang terkena dampaknya adalah industri musik. Beberapa tahun lalu, kaset pita dan CD masih menjadi andalan untuk  hiburan. Sayangnya kaset pita tidak seberuntung CD yang mampu bertahan hingga kini. Keberadaan kaset pita kini sudah banyak tergantikan oleh MP3 yang tersimpan di handphone dan komputermu.


Komentar

Postingan Populer